Uncategorized

Tim SAR Gabungan Masih Terus Melakukan Pencarian, 2 Siswa SMP N 1 Turi Sleman Belum Ditemukan

jarrakposjawa.com Sleman – Evakuasi pencarian korban hanyut di Sungai Sempor Sleman, DIY masih dilakukan Tim SAR Gabungan pagi ini, Sabtu (22/2/2020).

Tiga murid SMPN 1 Turi Sleman belum ditemukan. Dilansir Twitter BPBD DIY, jumlah total peserta kegiatan Pramuka yang sebelumnya diberitakan berjumlah 250 siswa, kini dinyatakan valid berjumlah 249. Peserta kegiatan tersebut berasal dari kelas 7 dan 8.

Hingga kini, jumlah siswa yang meninggal sebanyak 8 orang. Sedangkan 2 orang masih belum ditemukan.

Sementara itu operasi pencarian dan penyelamatan dilanjutkan lagi pada pagi hari ini pukul 07.00 WIB.

Badan SAR Yogyakarta mengungkapkan kronologi berawal ketika siswa-siswi SMPN 1 Turi mengikuti kegiatan susur Sungai Sempor. Kegiatan tersebut adalah bagian dari kegiatan Pramuka yang dilaksanakan sekolah.

Pada saat kegiatan susur sungai, kondisi arus sungai masih normal. Namun, tiba-tiba air dari arah hulu membesar dan menerjang dengan deras.

Tim SAR menduga para siswa terkena kepala arus deras. Diduga, ratusan siswa kemudian berpencar menyelamatkan diri masing-masing. Sebagian ada yang langsung pulang ke rumah.

Hal ini sempat menyulitkan petugas untuk mendata total siswa yang selamat.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, membenarkan kegiatan siswa yang melakukan susur sungai dalam rangka kegiatan Pramuka.

Menurut keterangan yang berhasil dihimpun, ketika siswa-siswi tersebut turun untuk memulai kegiatan susur sungai, di lokasi tersebut belum turun hujan.

“Namun ternyata di hulu sungai hujan,” katanya saat Jumat (21/2/2020) sore.

Akibatnya sejumlah siswa dilaporkan hanyut akibat terseret arus air yang sangat deras.

Saat ini dilaporkan juga bahwa proses evakuasi dan pendataan anak, masih dilakukan.

“Tim SAR gabungan saat ini tengah menyusur sungai Sempor, sementara untuk yang terluka dibawa ke Rumah Sakit SWA,” katanya. red : salman

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close