Uncategorized

Target Hantam Riyadh, 2 Rudal Balistik Dihadang Arab Saudi

Riyadh, Jarrakposjawa.com — Angkatan Udara Arab Saudi berhasil mencegah dan menghancurkan Rudal Balistik di atas Riyadh dan Jizan, sebuah kota di sepanjang perbatasan Yaman, pada Sabtu malam (28/3/2020).

Ledakan keras dengan disusul bunyi sirene darurat di beberapa distrik utara Riyadh tak terlakan. Atas peristiwa ini, 2 warga mengalami luka ringan terkena pecahan rudal. Koalisi pimpinan Arab Saudi mengecam pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran, menyerang Ibukota Arab Saudi yang sedang di lockdown sebagai upaya mengekang pandemi Virus Covid-19.

Sebelumnya Iran dan Houthi menyerang kota-kota Arab Saudi dengan rudal, roket dan drone. Dan rudal balistik kali ini merupakan serangan besar pertama di Arab Saudi. September lalu, Houthi menawarkan gencatan senjata setelah dua serangan mengerikan di instalasi pengeboran minyak Saudi.

“Dua rudal balistik diluncurkan ke kota-kota Riyadh dan Jizan,” lapor kantor berita pemerintah Saudi (SPA), mengutip koalisi yang memerangi pemberontak.

Penahanan dan penghancuran Rudal Balistik di udara membuat pecahan bom jatuh di lingkungan perumahan kota-kota itu, yang mengakibatkan dua warga sipil di Riyadh terluka. Keterangan tersebut diungkapkan seorang juru bicara pertahanan sipil, dalam sebuah pernyataan terpisah yang dikeluarkan SPA.

Serangan ini tetap terjadi, meski pada Kamis (26/3/2020) semua pihak Yaman yang bertikai mendukung seruan gencatan senjata dari PBB untuk melindungi warga sipil dari pandemi Covid-19.

Arab Saudi, pemerintah Yaman, dan para pemberontak menyambut baik permohonan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk segera melakukan “gencatan senjata secara global”.

Permohonan PBB ini ditujukan untuk membantu mencegah bencana bagi masyarakat rentan zona konflik. Kenyataanya genjatan senjata yang menyudahi selisih politik internasional.

Seruan ini bertepatan dengan peringatan kelima invasi militer Arab Saudi dalam perang saudara Yaman. Salman S.H.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Close
Close