Uncategorized

Presiden Jokowi Tinjau Tol Baru Siap Orbit Sebelum Lebaran

www.jarrakposjawamcom Pekanbaru – Presiden RI Joko Widodo melakukan peninjauan Jalan Tol trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai (Permai) yang dibangun oleh PT. Hutama Karya (Persero). (22/02)

Peninjauan tol pertama di Riau ini didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala BPJT Danang Parikesit dan Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo.

Jokowi mengatakan pemerintah dan masyarakat punya harapan besar dengan dioperasionalkannya tol Permai terutama dari sisi mobilisasi.

“Diharapkan dengan dioperasionalkannya tol ini semuanya akan menjadi lebih cepat. Angkutan barang cepat, angkutan orang juga bisa menjadi lebih cepat. Makanya operasional tol juga kita harapkan lebih cepat,” kata Jokowi saat di pintu gerbang tol Pekanbaru di Muara Fajar.

Pada beberapa ruas jalan lain di Indonesia, menurut Presiden, pembebasan lahan menjadi kendala utama pembangunannya. Namun, sambungnya berdasarkan laporan Direktur Utama Hutama Karya (Persero), pembebasan lahan untuk jalan tol di Aceh, berjalan dengan baik. Hal itu, tambah Jokowi, tak lepas dari terjalinnya kerja sama yang baik dari semua pihak.

“Bapak Gubernur, semuanya, Bapak Bupati turun ke lapangan menjelaskan kepada masyarakat,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap kehadiran tol tersebut dapat memangkas waktu tempuh dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya dari 2-3 jam menjadi sekitar 1 jam perjalanan. Presiden mengatakan, secara keseluruhan tol Trans Sumatera akan membentang sejauh 2.900 kilometer (Km) lebih. Dari jumlah itu, sepanjang 460 Km sudah dioperasikan, 490 Km masih dalam tahap konstruksi, dan 740 kilometer lainnya sedang dilelang oleh pemerintah. Jokowi berharap pada tahun 2024 nanti semua jalan tol tersebut tersambung sepenuhnya.

salman,umar,aji

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close