Uncategorized

Penyemprotan Disinfektan Desa Jrangoan (Sampang, Madura)

www.jarrakposjawa.com Sebagai bentuk partisipasi dari elemen masyarakat guna pencegahan Virus Corona, Satgas Desa Jrangoan Kecamatan Omben Kabupaten Sampang Pulau Madura, melakukan penyemperotan disinfektan di rumah-rumah penduduk, dan mengedukasi warga tentang cara pencegahan Covid-19. Dilaksanakan secara bergilir pada setiap rumah warga Sabtu,28-03-2020

Satgas ini diberi nama Satgas Covid-19, terdiri dari para pemuda Karang Taruna di Desa Jrangoan Kecamatan Omben Kabupaten Sampang, ikut serta dalam subsesi penjegahan covid-19 mendapat suport penuh dari masyarakat desa setempat. Adapun seluruh biaya yang dikeluarkan untuk pembelian disinfektan ditanggung pribadi oleh Kepala Desa Jrangoan, H. Ali Mustofa, SH.

Selain melakukan penyemperotan disinfektan di setiap rumah warga, dari satu rumah berpindah pada rumah rumah yang lain, Satgas Covid-19 Desa Jrangoan juga memberikan edukasi secara langsung pada warga, dan menempelkan stiker di setiap rumah warga yang sudah disemprot maupun diberikan edukasi.

Edukasi yang diberikan Satgas Covid-19 Desa Jrangoan kepada warga berupa himbauan untuk tetap berdiam diri di rumah, jika mengharuskan keluar rumah seperti bercocok tanam di sawah, warga harus menggunakan masker dalam bentuk kain atau menutup hidung dan mulut. Serta mengajak masyarakat untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun. Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang gejala Covid-19, jika
ada yang merasakan gejala tersebut dihimbau untuk segera memeriksakan diri ke Pusdes (Puskesmas Desa).

Dibentuknya Satgas Covid-19, Kepala Desa khususnya, mengharapkan warga Desa Jrangoan memahami bagaimana menanggapi virus mematikan tersebut, himbauan ini bertujuan meminimalisir kepanikan masyarakat yang kian menyebar luas. Sambung penulis, semoga desa-desa lain turut serta melakukan pelayanan publik dalam upaya pencegahan corona/kita kenal covid-19.

Penulis : Salman Alfarisi S.H

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close