GadgetHukumTekhnologi

Masyarakat Lebih Suka “Tekhnologi Biometrik” Untuk Transaksi Online

TEKHNOLOGI – JARRAKPOSJAWA.COM – Dari hasil survei, hampir semua responden menganggap teknologi biometrik lebih cepat dan mudah dibandingkan password.

Rasa aman menjadi kebutuhan paling pokok dalam melakukan transaksi digital. Terutama bagi masyarakat pengguna kartu kredit, mereka lebih memilih menerapkan teknologi biometrik ketimbang password saat bertransaksi.

Apalagi di era digital seperti sekarang, kejahatan siber bisa meretas password atau keamanan digital. Dari survei Visa terungkap bahwa pembayaran dengan keamanan biometrik dianggap sebuah keharusan bagi masyarakat di Indonesia.

Biometrik merupakan metode komputerisasi yang menggunakan aspek-aspek biologi terutama karakteristik unik yang dimiliki oleh manusia. Karakterisitik unik yang umum digunakan adalah sidik jari serta retina mata.

BACA JUGA : Jelly Jelo “Model Seksi Ini Mengandung” Tanpa Ada Ikatan Pernikahan.

Dalam dunia teknologi informasi, biometrik relevan dengan teknologi yang digunakan untuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia untuk proses autentifikasi tertentu.

Teknologi biometrik seperti pemindai sidik jari dan pemindai mata dipilih masyarakat karena dinilai lebih aman. Jika dibanding dengan personal identification number (PIN) serta password, tingkat keamanan lebih terjaga biometrik.

Dari survei itu juga, 73 persen responden pernah membatalkan pembelian online karena hambatan saat proses otentikasi, seperti tidak menerima one-time password (OTP), kesulitan mengakses akun dan lupa password.

Sebab itu, wajar jika dalam studi tersebut minat masyarakat semakin besar terhadap otentikasi berbasis teknologi biometrik, khususnya pada generasi yang lebih muda.

Artinya, mereka yang sadar teknologi dan mengusung gaya hidup serba digital tentu memilih cara pembayaran yang cepat dan aman.

Visa secara berkelanjutan mengkaji peluang kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk memperkenalkan inovasi pembayaran yang baru, seperti teknologi otentikasi biometrik, kemasyarakat.

www.jarrakposjawa.com/Botski

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close