Uncategorized

Komisi III DPR RI Raker dengan Menkumham Yasonna Laoly

Komisi III DPR RI mengadakan rapat kerja bersama Menkumham Yasonna Laoly membahas rancangan kerja tahun 2020, Pelaksanaan Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, dan Tindak lanjut pembahasan RKUHP dan RUU Pemasyarakatan. Rapat kerja dilaksanakan di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin. (24/2)

Komisi III DPR RI merupakan salah satu dari sebelas komisi DPR RI yang membidangi hukum, hak asasi manusia dan keamanan. Beberapa hari sebelumnya, Komisi III berkirim surat terlebih dahulu kepada pemerintah, meminta menugaskan perwakilannya dalam pembahasan dua RUU tersebut.

Menkumham Yasonna Laoly merupakan perwakilan pemerintah yang ditugaskan untuk membahas dua RUU tersebut yang telah masuk dalam 50 RUU Prioritas Prolegnas tahun 2020.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmod Junaidi Mahesa. Dalam rapat, Desmond didampingi Ketua Komisi III Herman Herry, Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir, dan Ahmad Sahroni. Rapat dimulai pukul 14.30 WIB dan terbuka untuk umum.

“Rapat saya buka dan terbuka untuk umum,” pembukaan oleh Desmond Mahesa.

Dalam pemaparannya, Yasonna menyebut pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah strategi untuk menangani kelebihan kapasitas lembaga pemasyarakatan (lapas). Salah satunya, dengan kerja sama penegak hukum lain.

“Kita mengeluarkan grand desaign penyelesaiannya dalam Permenkumham nomor 11 tahun 2017. Kita mengalami kemajuan dulu over stay cukup banyak, sekarang nol. Jadi kita sudah kerja sama dengan penegak hukum baik kejaksaan kepolisian dan pengadilan kita berupaya nol kan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Yasonna mengatakan untuk kelanjutan pembahasan RKUHP dan RUU Pemasyarakatan yang di-carry over menanti surat presiden (surpres) untuk tindak lanjut dua RUU yang tertunda itu.

“Rencana KUHP dan UU Pemasyakatan perkembangannya kita sama-sama ketahui dan tidak perlu dilaporkan. Nanti bagian selanjutnya setelah surpres (surat presiden) kita bisa putuskan tahapan sesuai dengan UU Nomor 12 tahun 2019 kita bisa meng-carry over UU tersebut,” ucap dia. Aji Pangestu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Close
Close