Uncategorized

Ditemukan Obat Covid-19, Harga 150Ribu

www.jarrakposjawa.com Mengejutkan publik, telah ditemukan obat anti Virus Corona yang kini muncul di permukaan dunia, menjadi kabar baik bagi negara yang terhimpit oleh ancaman Covid-19.

Food and Drug Administration (FDA), Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat merelease Remdesivir sebagai obat yang dapat menjadi antivirus Corona (Covid-19).

Remdesivir adalah obat antivirus, sebuah prodrug analog nukleotida baru, yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Gilead Sciences. Antivirus ini dikembangkan pertama kali sebagai pengobatan virus Ebola pada 2013.

Remdesivir menunjukkan hasil positif terhadap pasien Virus Corona, meski tidak menjadi vaksin yang menyembuhkan secara total, Remdesivir mempercepat pemulihan pasien Virus Corona. Selain itu, Remdesivir dapat meringankan gejala Virus Corona.

Efek positif yang diberikan oleh Remdesivir, mendorong Pemerintah Amerika Serikat untuk menguji coba secara lanjut. Hasilnya konsisten positif, sehingga FDA memutuskan Remdisivir dapat digunakan sebagai pengobatan Virus Corona. sebagaimana yang dikutip dari Kantor Berita Reuters pada Sabtu (2/5/2020).

Untuk itu, Gilead Sciences akan mendonasikan 1,5 juta vial Remdesivir untuk Amerika Serikat. Untuk vial yang diperjual belikan, Gilead Sciences belum memastikan waktu dan jumlah produksinya. Harganya pun belum paten.

“Sebelumnya, Remdesivir hanya tersedia untuk pasien yang secara sukarela bersedia menjadi bagian dari tes klinis. Dilansir dari Tempo. Kurang lebih ada 181 rumah sakit di seluruh dunia, tak terkecuali 27 di Amerika, yang sudah menggunakannya,” berdasarkan keterangan dari Gilead Sciences, dilansir dari Tempo.

Institusi Pengkajian Klinis dan Ekonomi memprediksi biaya produksi Remdesiviir, untuk 10 hari penggunaan, berada di kisaran US$10 (Rp150 ribu). Namun, apabila menghitung jumlah stok, besarnya kebutuhan, nilai riset, serta keefektifannya, maka diperkirakan harganya bisa melonjak hingga US$4500 atau setara Rp67 juta.

Dari lonjakan harga Obat Penawar Covid-19 yang melambung, sangat disayangkan oleh beberapa Negara seperti Italia, Kanada, Iran, sebab akan semakin mudah untuk terjadi permainan harga secara global.

(Salman/Roky)

Related Articles

1 thought on “Ditemukan Obat Covid-19, Harga 150Ribu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close