Uncategorized

Ancaman Covid-19, Arab Saudi Tutup Pintu

Jakarta jarrakposjawa.com — Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara gelombang jemaah umrah dari luar negeri, termasuk dari Indonesia. Kebijakan ini diberlakukan pemerintah setempat untuk mencegah penyebaran virus corona ke tanah suci. Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga menangguhkan untuk sementara Visa Umrah dan Visa Turis.

Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) mengeluarkan surat terkait pemberitahuan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. Kebijakan tersebut ialah: Penutupan sistem Visa Umrah bersifat sementara efektif berlaku mulai Kamis 27 Februari 2020 sampai batas waktu yang akan diumumkan kemudian, semua penerbangan tujuan Saudi Arabia setelah pukul 12.00 WIB men-cancel pemberangkatan ber-Visa Umrah, sistem visa telah men-delete semua visa yang belum digunakan, dan meminta kepada calon jamaah agar menerima kebijakan ini dengan sabar dan tawakal, serta HIMPUH akan terus mem-back up semua proses penyelesaian terbaik.

“Kementerian juga mengonfirmasi perusahaan-perusahaan umrah dan agen luar negeri untuk membatalkan pemesanan apa pun sejak diterbitkannya pengumuman ini sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Umrah Arab Saudi Abdulaziz bin Wazzan dalam siaran pers Kementerian Haji Arab Saudi yang diterima di Jakarta, Kamis (27/2).

Dia mengatakan, kebijakan itu diambil sebagai bagian dari upaya Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah masuknya Covid-19.

“Telah dilaksanakan penangguhan masuknya warga non-Saudi ke Kerajaan Saudi untuk tujuan umrah dan kunjungan lain serta penghentian penerbitan visa untuk sementara,” katanya.

Arab Saudi, tempat kota suci Makkah dan Madinah berada, menjadi tujuan Muslim dari berbagai belahan dunia yang hendak menunaikan ibadah haji dan umrah.

penulis : salman alfarisi S.H

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close