Uncategorized

Aksi 4 Pengedar Uang Palsu Diringkus Satreskrim Purwakarta

Purwakarta, Jarrakposjawa.com — Satreskrim Polres Purwakarta mengamankan empat pengedar uang palsu (9/6/2020). Sindikat uang palsu ini terbongkar dari laporan warga yang pergoki salah satu tersangka.

Kasatreskrim Polres Purwakarta, AKP Handreas Ardian menyebut keempat pelaku yang ditangkap di tempat berbeda. Keempat pelaku masing-masing berinisial EG (21) warga Banjar, HR (35) warga Subang, RM (40) warga Tasikmalaya, dan BY (42) warga Cilegon.

Petugas juga menyita barang bukti ratusan lembar uang palsu pecahan 50-100ribu lebih dari Rp11 juta.

Pelaku pertama diamankan berinisial EG yang melakukan belanja di warung milik Iis Sumyati di Kampung Pasar minggu Desa Cikumpay Kecamatam Campaka, Purwakarta pada Minggu 29 Maret 2020.

“Saat mengambil uang di dalam tas, EG terlihat gugup. Karena curiga, saksi kemudian menanyakan keaslian uang itu. Setelah dilihat ternyata ditemukan uang pecahan Rp50.000 diduga palsu dengan jumlah banyak. Saksi kemudian melaporkan kejadian ini ke polsek setempat dan pelaku EG diamankan,” ujar dia, Selasa (9/6/2020).

Penyelidikan polisi mengarah kepada pelaku lainnya dengan tugas serupa, yaitu pengedar berinisial HR yang membeli uang palsu tersebut kepada RM. RM mengaku telah mempelajari pembuatan uang palsu tersebut dari BY yang merupakan residivis kasus yang sama.

Para pelaku terancam hukuman penjara selama 12 tahun dan denda lima miliar rupiah apabila terbukti melanggar Pasal 36 Ayat 3 Undang-Undang 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dan Pasal 245 Jo Pasal 55 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Editor : Willi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Close
Close