Uncategorized

142 Kepala Sekolah Dilantik, Walikota Serang Berharap Tingkatkan Kinerja Bidang Pendidikan

SERANG, Jarrakposjawa.com – Sebanyak 142 Kepala Sekolah dan 17 orang untuk jabatan fungsional resmi dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Serang. Pelantikan tersebut dipimpin oleh Walikota Serang di Pusat Pemerintahan Kota Serang, Jum’at (28/02).

Pengajuan, pelantikan atau pengangkatan Kepala Sekolah diupayakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang sejak akhir tahun lalu.

“Sangat disayangkan jika banyak sekolah tidak ada kepala sekolah, meningkatkan mutu sekolah melalui ujian sekolah, seperti pelaksanaan ujian sekolah yang aman dan nyaman serta melayani kebutuhan siswa pasti terhambat,” tutur Wasis Dewanto Kadin Pendidikan dn Kebudayaan Kota Serang.

Wasis Dewanto juga mengintruksikan kepada kepala sekolah agar mampu mengamankan pelaksanan dana bos, lantaran adanya perubahan petunjuk teknis (Juknis).

Perubahan pencairan dana bos yang semula juknisnya dari 4 triwulan, saat ini berubah menjadi 3 tahap. Selain itu, Penggunaan yang hari ini menggunakan konsep Mentridikbud yang barus, seperti kemerdekaan atau fleksibilitas, otonomi, kebijakan untuk prosentasi tenaga honorer yang maksimal 50 persen, kebebasan pembelian buku, prosentasenya, kebebasan pembelian multimedia akan sulit jika kepala sekolah belum definitif.

“Jika tidak ditangani kepala sekolah yang definitif memang agak berat. Sehingga dengan adanya pelantikan kepala sekolah di Kota Serang ini, semoga pelaksanaan program sekolah dapat berjalan lancar,” sambungnya.

Walikota Serang, Syafrudin menjelaskan, selain pengangkatan 142 Kepala Sekolah, terdapat 17 orang untuk jabatan fungsional turut dilantik hari ini.

“Jumlahnya yang dilantik 159 orang, yang 142 orang pejabat fungsional kepala sekolah, 3 orang pejabat fungsional penilik PNFI, 2 orang pejabat fungsional pengawas TK, 1 orang pejabat fungsional pengawas sekolah utama, 4 orang alih status jabatan struktural ke jabatan fungsional, 3 orang pamong belajar pertama SPNF sangkar kegiatan belajar, 3 orang nutrisionis pertama, 1 orang auditor pertama,” paparnya.

Syafrudin meminta agar para pengisi jabatan khususnya kepala sekolah bisa secepatnya bradaptasi di lingkungan sekolah, agar dapat mengoptimalkan kinerja di bidang pendidikan.

“Kepala sekolah itu punya anak buah, jadi segera menyesuaikan diri dengan lingkungan dan anak buahnya, agar wilayah kerja mereka kondusif,” pintanya.

“Kepala sekolah ini menentukan kinerja guru dan anak-anak sekolah, kepala sekolah harus lebih aktif dari guru karena kepala sekolah itu akan menjadi contoh guru dan menjadi contoh anak didiknya,” pesannya.

Penulis : asep pimred jarrakpos banten

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close